Pertamina

TANYA JAWAB

PILIH TOPIK
PERTANYAAN

Calon mitra dapat mengakses registrasi online di http://www.pertamina.com.

Calon mitra bisa bergabung menjadi mitra SPBU, SP(P)BE, Agen LPG, atau Bengkel Pemeliharaan Tabung LPG setelah lolos seleksi.

Bentuk kerja sama yang ditawarkan adalah:

  • SPBU Regular
  • Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Regular merupakan lembaga penyalur yang dibangun diatas sebidang tanah yang terbatas dengan syarat minimal berukuran 1.500 m2 dan memiliki fasilitas SPBU yang dibangun berdasarkan rancangan, desain dan spesifikasi teknis yang telah disetujui oleh Pertamina yang digunakan untuk menyalurkan dan memasarkan BBM dan/atau Produk Lain dengan menggunakan merek dagang Pertamina serta dapat digunakan untuk pengelolaan Bisnis NFR (Non Fuel Retail) - NFR Optional

    Kerja sama SPBU Regular terdiri dari:

    • CODO (Company Owned Dealer Operated), SPBU CODO Pertamina merupakan SPBU sebagai bentuk kerjasama antara PT. Pertamina (PERSERO) dengan pihak-pihak tertentu. Antara lain kerjasama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk di bangun SPBU Pertamina.
    • DODO (Dealer Owned Dealer Operated), SPBU DODO merupakan SPBU bentuk kerja sama dimana lokasi dan investasi dilakukan seluruhnya oleh individu calon mitra, Untuk mengembangkan outlet non PSO pada saat ini SPBU DODO hanya menjual jenis produk Premium dan BBK (Solar yang dijual adalah solar Keekonomian).

     

  • SPBU Mini/Modular
    • Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Mini merupakan lembaga penyalur yang dibangun diatas sebidang tanah yang terbatas dengan syarat minimal berukuran 600 m2 dan memiliki fasilitas SPBU yang dibangun berdasarkan rancangan, desain dan spesifikasi teknis yang telah disetujui oleh Pertamina yang digunakan untuk menyalurkan dan memasarkan BBM dan/atau Produk Lain dengan menggunakan merek dagang Pertamina serta dapat digunakan untuk pengelolaan Bisnis NFR (Non Fuel Retail) - NFR Optional
    • Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Modular adalah lembaga penyalur yang memiliki sarana dan fasilitas yang dapat berpindah, yang didirikan sebagai alternatif bangunan untuk memenuhi kebutuhan BBM Non PSO di lokasi tertentu. Untuk kebutuhan SPBU Modular yang memasarkan produk BBM PSO dan Premium dapat dimungkinkan atas pertimbangan tertentu

SPBE Non PSO merupakan Stasiun Pengisian LPG Pertamina yang melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan dan pengisian LPG Non Subsidi sesuai SOP Pertamina.

SPBE PSO merupakan jaringan distribusi Pertamina yang melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan dan pengisian LPG Bersubsidi sesuai SOP Pertamina.

Agen LPG PSO merupakan jaringan distribusi Pertamina yang melaksanakan kegiatan pemasaran LPG bersubsidi (LPG 3 Kg) kepada masyarakat, dengan jumlah tertentu (berdasarkan kuota yang diberikan Pemerintah).

Agen LPG NPSO merupakan jaringan distribusi Pertamina yang melaksanakan kegiatan pemasaran LPG non subsidi kepada konsumen (brand Elpiji dan Bright Gas).

Bengkel Pemeliharaan Tabung LPG 3 kg adalah fasilitas dan peralatan tempat pelaksanaan pekerjaan retest, repaint, dan/atau repair tabung LPG 3 kg yang diadakan, disediakan, dan dibangun oleh Pihak Kedua yang telah mendapatkan persetujuan dari Pertamina

Bengkel Pemeliharaan Tabung LPG Non PSO adalah fasilitas dan peralatan tempat pelaksanaan pekerjaan retest, repaint, dan/atau repair tabung LPG Non PSO yang diadakan, disediakan, dan dibangun oleh Pihak Kedua yang telah mendapatkan persetujuan dari Pertamina

Proses seleksi ini memakan waktu maksimal 2 bulan setelah calon mitra Lolos verifikasi awal dan telah membayar Biaya Verfikasi ke Rekening Pertamina.

Dalam pendaftaran online kemitraan Pertamina, calon mitra diminta mengisi alamat email yang digunakan untuk mengirimkan nomor registrasi, password, dan link untuk pengaktifan akun.

Calon mitra juga diminta mengisi nomor handphone yang digunakan untuk mengirimkan kode pengaktifan akun.

Ada beberapa kemungkinan jika calon mitra tidak menerima email dan SMS balasan, antara lain :

  • Salah mengetikan alamat email
  • Kapasitas email telah memenuhi batas
  • Salah mengetik domain (contoh; tidak ada @yaho.com, tetapi @yahoo.com)
  • Email masuk kedalam folder bulk atau spam
  • Salah memasukan nomor handphone

4 hari waktu untuk calon mitra mengaktifkan akun, mengisi form serta melengkapi dokumen dan 2 hari waktu untuk pembayaran biaya verifikasi lapangan. Apabila dalam waktu tersebut calon mitra belum melengkapi persyaratan, maka akan dianggap gagal.

Lolos tidaknya calon mitra ke tahap selanjutnya akan diinformasikan melalui SMS dan email yang sudah didaftarkan.

Pengumuman hasil pendaftaran online dapat dilihat dengan login di http://spbu.pertamina.com, dan akan diinformasikan melalui SMS dan email yang sudah didaftarkan.

BBM Satu Harga adalah kebijakan menyeragamkan harga jual resmi BBM sebesar Rp 6.450 per liter premium dan Rp 5.150 per liter solar di beberapa daerah pelosok Indonesia diantaranya daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Program BBM Satu Harga telah berjalan sejak tahun 2017 dan akan selesai pada tahun 2024.

BBM Satu Harga merupakan satu program Pemerintah untuk menekan harga jual BBM, menurunkan biaya transportasi, menurunkan harga bahan pokok, mendorong ekonomi sehingga mewujudkan energy berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Secara umum, BBM Satu Harga merupakan lembaga penyalur (SPBU) Pertamina yang berada pada lokasi tertentu berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

  1. Lokasi yang termasuk ke dalam SK Dirjen Migas No.6.K/15/MG.05/DJM/2021 tentang Perubahan atas Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 0008.K/15/DJM.O/2020 tentang Lokasi Tertentu untuk Pendistribusian Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan Tahun 2020-2024.
  2. Lokasi lain yang termasuk ke dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 atau Kecamatan yang belum terdapat lembaga penyalur setelah mendapatkan persetujuan dari Dirjen Migas.

Sebagai mitra BBM Satu Harga, lembaga penyalur dapat menjual Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) serta dapat menjual produk BBM berkualitas Pertamina lainnya seperti Pertamax, Dex Series, dan Elpiji Non Subsidi Pertamina (Bright Gas dan/atau LPG 12 Kg).

Pertamina membuka kesempatan secara transparan bagi calon mitra yang berminat dapat mengunjungi halaman website laman https://bbmsatuharga.com atau https://kemitraan.pertamina.com Pada web tersebut calon mitra dapat memilih langsung lokasi yang sudah ada di Rencana Pengembangan Jaringan (RPJ) SPBU BBM Satu Harga.

  1. Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan/atau Badan Hukum.
  2. Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, Akta Perusahaan/Lembar Pengesahan Kemenkumham.
  3. Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian BBM Satu Harga.
  4. Memiliki permodalan yang cukup (investasi dan modal kerja).
  5. Mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Daerah tertinggi.
  6. Serta dokumen lainnya yang dipersyaratkan oleh pemerintah daerah.

Beberapa keunggulan menjadi mitra SPBU antara lain:

  • Potensi skema bisnis yang menguntungkan Mitra
  • Potensi pengembangan bisnis produk Pertamina Non BBM seperti Pelumas, LPG, mini Convention Store dan pengembangan tenant lainnya
  • Pelatihan Operasional SDM oleh tenaga profesional dan berpengalaman
  • Program Marketing yang menarik
  1. Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV, Koperasi, PT).
  2. Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP dan Akta Perusahaan.
  3. Memiliki atau menguasai lahan untuk digunakan sebagai SPBU.
  4. Memiliki permodalan yang cukup (Investasi dan Modal Kerja)
  5. Memiliki dokumen lainnya yang dipersyaratkan oleh Pemerintah Daerah
  1. Lokasi dapat diakses Mobil Tangki BBM Pertamina
  2. Ketersediaan Jaringan Listrik.
  3. Lokasi memiliki potensi omset yang baik secara keekonomian.

Bagi calon mitra yang berminat dapat mengunjungi halaman website pada laman https://kemitraan.pertamina.com

Di website tersebut Calon mitra dapat memilih langsung lokasi yang sudah ada di Rencana Pengembangan Jaringan (RPJ) maupun mengajukan lokasi baru.


Pertashop (Pertamina Shop) adalah Outlet Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non Subsidi (Pertamax/Dexlite), LPG Non Subsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Karena dengan modal usaha yang relatif kecil calon pengusaha dapat menjadi lembaga penyalur resmi PT. Pertamina (Persero) untuk menjual BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya.

Berbeda, Pertashop merupakan satu satunya brand yang terafiliasi langsung dengan PT. Pertamina (Persero).

Beberapa keunggulan menjadi mitra Pertashop antara lain:

  • Potensi skema bisnis yang menguntungkan Mitra
  • Potensi pengembangan bisnis produk Pertamina Non BBM seperti Pelumas, LPG Non PSO dan mini Convention Store
  • Pelatihan Operasional SDM oleh tenaga profesioanl dan berpengalaman
  • Program Marketing yang menarik
  • Pemilikan dan Pengelolaan Pertashop bisa mencapai 3 (tiga) unit Pertashop
  • Modal Investasi retalif kecil.
  • Lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas.
  1. Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (UD, CV, Koperasi, PT).
  2. Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, Akta Perusahaan.
  3. Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop.
  4. Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa
  5. Memiliki permodalan yang cukup (Investasi dan Modal Kerja)
  1. Aksesibilitas Desa (akses mobil tangki, akses pengiriman modular)
  2. Ketersediaan Jaringan Listrik.
  3. Kecamatan yang belum ada lembaga penyalur.
  4. Kecamatan yang sudah ada lembaga penyalur dgn jarak ±10 km
  5. Lokasi yang akan dibangun Pertashop memiliki potensi omset yang baik secara keekonomian.

Sebagai mitra Pertashop, pengusaha Pertashop dapat menjual produk BBM berkualitas Pertamina yaitu :

  • Pertamax
  • Dexlite
  • Elpiji Non Subsidi Pertamina (Elpiji 12 kg dan Bright Gas)
  • Untuk lokasi-lokasi tertentu juga berpotensi untuk menjual produk ritel Pertamina lainnya seperti pelumas, produk-produk Bright Store, dan lain-lain

Bagi calon mitra yang berminat dapat mengunjungi halaman website pada laman https://kemitraan.pertamina.com Di web tersebut Calon mitra dapat memilih langsung lokasi yang sudah ada di Rencana Pengembangan Jaringan (RPJ) maupun mengajukan lokasi baru.

Dalam proses pengajuan sampai dengan pembangunan Pertashop, terdapat beberapa tanggungjawab yang dilakukan oleh Pertamina maupun calon mitra, antara lain :

BERANDA

PROSEDUR

TANYA JAWAB

KONTAK
KAMI VIA: